Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang COVID-19 IBLCE (FAQs – Bahasa Indosesia)

  1. Kapan ujian Maret/April 2020 yang dijadwalkan ulang akan diberikan?
  2. Kapan ujian September akan diberikan?
  3. Dengan cara seperti apa ujian Maret/April yang dijadwalkan ulang dan September 2020 akan diberikan?
  4. Pilihan finansial apa yang saya miliki jika saya perlu mengundurkan diri atau membatalkan janji ujian saya?
  5. Kapan saya dapat menjadwalkan janji untuk ujian pada September 2020?
  6. Apa yang terjadi jika saya atau anggota keluarga terkena COVID-19 di dekat waktu ujian dan saya tidak dapat mengikuti ujian?
  7. Saya sedang mengumpulkan jam praktik klinis untuk kelayakan IBCLC. Apakah saya dapat melakukannya secara jarak jauh pada saat ini?
  8. Apakah IBLCE memperpanjang batas waktu untuk sertifikasi ulang dengan CERP?
  9. Saya memiliki beberapa pertanyaan klinis tentang COVID-19.  Dapatkah Anda menjawabnya untuk saya?
  10.  Saya seharusnya melakukan sertifikasi ulang dengan ujian tahun ini; apakah saya dapat melakukan sertifikasi ulang dengan CERP?
  11. Apa yang telah dilakukan oleh IBLCE terkait COVID-19 untuk menangani kebutuhan IBCLC, kandidat, dan publik?
  12. Dengan adanya pengumuman penundaan ujian Maret/April pada 13 Maret 2020, mengapa IBLCE mengumumkan pada akhir April bahwa ujian akan dilaksanakan pada akhir Mei sebelum adanya informasi lebih lanjut tentang ujian 2020?

TJU Pusat Pengujian

  1. Bagaimana saya dapat menjadwalkan ujian di pusat pengujian?
  2. Bisakah saya menghubungi Prometric melalui panggilan telepon untuk menjadwalkan ujian di pusat pengujian?
  3. Saya mengalami kesulitan dalam menjadwalkan ujian di pusat pengujian, karena tampaknya tidak ada pusat ujian yang buka di area saya. Apa yang harus saya lakukan selanjutnya?
  4. Tindakan apa yang diberlakukan di pusat pengujian terkait COVID-19/apa yang harus saya perhatikan saat saya datang ke pusat pengujian?
  5. Bisakah saya memilih mengikuti ujian melalui Live Remote Proctoring alih-alih datang ke pusat pengujian?
  6. Saya telah menerima persetujuan untuk menerima jeda menyusui selama ujian berlangsung. Apakah ini tetap merupakan sebuah opsi di pusat pengujian?
  7. Bagaimana jika saya telah menjadwalkan ujian di salah satu pusat pengujian tetapi pusat pengujian itu ditutup karena COVID-19? Apakah saya harus membayar biaya penjadwalan ulang?

1. Kapan ujian Maret/April 2020 yang dijadwalkan ulang akan diberikan?   

Ujian IBCLC Maret/April yang dijadwalkan ulang akan diberikan pada 8–25 September 2020.  

2. Kapan ujian September akan diberikan?  

Masa ujian IBCLC September 2020 telah diperbarui menjadi 8–25 September 2020.  

3. Dengan cara seperti apa ujian Maret/April yang dijadwalkan ulang dan September 2020 akan diberikan?  

Baik ujian Maret/April yang dijadwalkan ulang maupun ujian September 2020 akan diberikan di pusat-pusat ujian di seluruh dunia.  Bagi mereka yang mengambil ujian dalam bahasa Inggris, Live Remote Proctoring/LRP (Pengawasan Jarak Jauh) juga dapat menjadi pilihan.  Saat ini, vendor ujian IBLCE hanya menawarkan LRP dalam bahasa Inggris.  Live Remote Proctoring akan mengharuskan kandidat untuk memenuhi kriteria teknis dan lingkungan untuk ujian di rumah.   

Silakan lihat gambar pilihan Anda berikut ini.

4. Pilihan finansial apa yang saya miliki jika saya perlu mengundurkan diri atau membatalkan janji ujian saya?  

IBLCE memiliki beberapa pilihan yang tersedia bagi Anda terkait pengunduran diri atau pembatalan janji ujian Anda.  Silakan lihat diagram pilihan Anda berikut ini dan hubungi lokasi IBLCE yang melayani Anda untuk pertanyaan apa pun.  

Pilihan Finansial Kandidat Ujian Maret/April dan September 2020 untuk Pengunduran Diri/Pembatalan Janji Ujian   

Siapa Apa Kapan 
SEMUA Kandidat Pengembalian Biaya Sebagian   
(50% dari biaya yang dibayarkan) 
Kirimkan permohonan ke IBLCE paling lambat 31 Agustus 2020. 
Kandidat AWAL Tangguhkan biaya ke ujian di tahun 2021 Kirimkan permohonan dengan keadaan luar biasa yang terdokumentasi* sebelum tanggal ujian Anda atau dalam 30 hari setelah masa ujian. 
Kandidat 
SERTIFIKASI ULANG DENGAN UJIAN 
Tangguhkan biaya ke ujian di tahun 2021 dan terima perpanjangan sertifikasi selama satu tahun Kirimkan permohonan dengan keadaan luar biasa yang terdokumentasi* dan 15 L-CERP sebelum tanggal ujian Anda atau dalam 30 hari setelah masa ujian. 
SEMUA Kandidat Pengembalian penuh Kirimkan permohonan ke IBLCE paling lambat 31 Agustus 2020 dengan keadaan luar biasa yang terdokumentasi*. 

Untuk meminta penangguhan ujian pada tahun 2021, hubungi lokasi IBLCE yang melayani Anda.

*Keadaan luar biasa mencakup masalah terkait COVID-19, seperti kandidat dan/atau pasangan kehilangan pekerjaan, masalah kesehatan COVID-19 terhadap kandidat atau anggota keluarga dekat, dan/atau masalah untuk pergi ke tempat umum karena COVID-19.   
 
Untuk perincian lebih lanjut tentang pilihan-pilihan ini, kunjungi halaman COVID-19 IBLCE di situs web IBLCE, http://www.iblce.org karena informasi spesifik dan pembaruan akan disediakan di sana ketika sudah tersedia. Pilihan-pilihan ini hanya berlaku untuk kandidat ujian 2020 karena merebaknya COVID-19. 

5. Kapan saya dapat menjadwalkan janji untuk ujian pada September 2020?  

Kandidat ujian IBCLC Maret/April dan September 2020 akan dapat menjadwalkan janji pada bulan Juli-Agustus.   

Harap jangan menghubungi vendor ujian untuk membuat jadwal sebelum Anda menerima email otorisasi ujian Anda dari IBLCE.  

IBCLE bekerja sama dengan vendor ujian pihak ketiga untuk memastikan bahwa para kandidat IBLCE mendapat tempat dengan tepat waktu untuk ujian September 2020.  Harap bersabar dengan prosesnya, karena vendor ujian sedang bekerja untuk menempatkan 400.000 kandidat dalam jangka waktu yang sangat singkat. 

6. Apa yang terjadi jika saya atau anggota keluarga terkena COVID-19 di dekat waktu ujian dan saya tidak dapat mengikuti ujian? 

IBLCE memiliki kebijakan keadaan luar biasa yang akan menyediakan penangguhan atas alasan kesehatan bagi Anda atau keluarga Anda, dan kebijakan ini juga secara khusus mempertimbangkan masalah kesehatan terkait COVID-19. 

Kebijakan tersebut mengharuskan pengumpulan dokumentasi.  Silakan lihat Pedoman Informasi Kandidat atau Pedoman Sertifikasi Ulang di halaman bahasa Anda atau hubungi lokasi IBLCE Anda untuk mengajukan pertanyaan.  

7. Saya sedang mengumpulkan jam praktik klinis untuk kelayakan IBCLC. Apakah saya dapat melakukannya secara jarak jauh pada saat ini? 

Saat ini hingga 30 November 2020, Anda dapat mengumpulkan jam praktik klinis secara jarak jauh.  Silakan lihat Pendapat Anjuran EBLCE mengenai Telehealth serta Pembaruan Panduan Interim Penggunaan Teknologi untuk Memenuhi Persyaratan Praktik Klinis Jalur 1, 2, dan 3 (Dikeluarkan pada 14 Mei 2020) di halaman bahasa Anda.  Selain itu, jika Anda sedang mengejar kelayakan IBCLC melalui Jalur 3, silakan lihat Pedoman Rencana Jalur 3.  

8. Apakah IBLCE memperpanjang batas waktu untuk sertifikasi ulang dengan CERP? 

Batas waktunya tetap 30 September 2020.  Sebagai layanan untuk para pemegang sertifikat, IBLCE memiliki bagian di situs webnya yang menyediakan informasi tentang kesempatan CERP online dalam berbagai bahasa dan tentang berbagai subjek, termasuk penawaran etika.  

Anda mungkin juga ingin menghubungi asosiasi profesi internasional atau nasional untuk kesempatan secara online lainnya. 

IBLCE memiliki kebijakan keadaan luar biasa yang telah diperluas dengan jelas terkait dengan COVID-19.  Jika Anda atau anggota keluarga dekat mengalami dampak COVID-19 dalam hal kesehatan, atau Anda atau pasangan Anda kehilangan pekerjaan karena COVID-19, kebijakan keadaan luar biasa tersedia untuk Anda.  Kebijakan ini hanya mengharuskan Anda mengajukan permohonan dan memberikan dokumentasi bersama dengan bukti penyelesaian 15 L-CERP.  Silakan tinjau Kebijakan Permohonan Perpanjangan Sertifikasi Ulang IBLCE dengan CERP untuk informasi selengkapnya. 

9. Saya memiliki beberapa pertanyaan klinis tentang COVID-19.  Dapatkah Anda menjawabnya untuk saya? 

Terkait dengan situasi yang sama sekali baru ini, IBLCE segera menyebarkan panduan dari Organisasi Kesehatan Dunia tentang COVID-19 melalui media sosial, terutama ketika WHO pertama kali menyatakan COVID-19 sebagai pandemi.   

Sebagai badan sertifikasi, IBLCE biasanya tidak menyediakan panduan untuk pertanyaan klinis.  Jika Anda memiliki pertanyaan tentang COVID-19, Anda dianjurkan, sebagaimana disebutkan dalam dokumen panduan praktik IBCLC, untuk mencari keterangan dari informasi yang berdasarkan bukti. 

Anda mungkin juga ingin menghubungi asosiasi profesi. 

10.  Saya seharusnya melakukan sertifikasi ulang dengan ujian tahun ini; apakah saya dapat melakukan sertifikasi ulang dengan CERP? 

Jika Anda seharusnya melakukan sertifikasi ulang dengan ujian tahun ini, Anda diharapkan untuk melakukan sertifikasi ulang dengan ujian DAN memiliki sejumlah pilihan yang tersedia bagi Anda terkait mengikuti ujian, mengundurkan diri, atau membatalkan janji ujian Anda.  

Ini adalah keputusan Anda dan Anda harus mengambil pilihan yang terbaik bagi Anda dalam keadaan pribadi Anda. 

Anda dapat mengikuti ujian melalui Live Remote Proctoring (Pengawasan Langsung Jarak Jauh) di rumah, tergantung pada pertimbangan teknis dan lingkungan, atau di pusat ujian jika Anda mengambil ujian dalam bahasa Inggris.  Saat ini, vendor ujian IBLCE hanya menawarkan LRP dalam bahasa Inggris.   

Bagi yang mengambil ujian dalam bahasa selain bahasa Inggris, Anda dapat mengikuti ujian di pusat ujian. 

Jika Anda tidak dapat menghadiri ujian karena keadaan luar biasa yang terdokumentasi, termasuk keadaan yang terkait dengan COVID-19, Anda dapat memohon penangguhan biaya ujian yang sudah dibayarkan ke ujian di tahun 2021, serta perpanjangan sertifikasi Anda untuk satu tahun.  Seperti yang Anda ketahui, kebijakan keadaan luar biasa termasuk penyerahan 15 L-CERP pada saat mengajukan permohonan.  Jika Anda mencari CERP yang dapat Anda peroleh secara online, IBLCE memiliki daftar Program Pembelajaran Online Penyedia CERP di situs webnya.  

11. Apa yang telah dilakukan oleh IBLCE terkait COVID-19 untuk menangani kebutuhan IBCLC, kandidat, dan publik?   

  • Terkait COVID-19, IBLCE menyediakan panduan dari Organisasi Kesehatan Dunia untuk para profesional dan keluarga melalui media sosial.  Selain itu, meski tidak biasanya dilakukan oleh badan sertifikasi, IBLCE menyediakan informasi global untuk menangani kerawanan pangan sehingga IBCLC yang dihubungi oleh keluarga-keluarga akan memiliki akses cepat ke sumber-sumber rujukan jika diperlukan. 
  • Untuk memberikan waktu tambahan bagi mereka yang tengah menyelesaikan persyaratan dan mengingat bahwa IBLCE belum dapat mengirimkan pengingat melalui pos kepada mereka yang melakukan sertifikasi ulang pada tahun ini, IBLCE memperpanjang batas waktu aplikasi September 2020 hingga 15 Juni, 2020.  Meskipun kami telah beberapa kali mengirimkan email kepada IBCLC yang melakukan sertifikasi ulang dengan ujian, karena merebaknya COVID-19, kami tidak dapat mengirimkan pemberitahuan umum dan telah memperpanjang batas waktu pendaftaran ujian sejauh yang dimungkinkan.  Dengan demikian, IBCLC yang perlu melakukan sertifikasi ulang dengan ujian dapat memastikan bahwa alamat email yang tercantum dalam file sudah benar sehingga dapat menerima pemberitahuan.  (Harap diingat, Anda memiliki tanggung jawab profesional untuk mencantumkan informasi kontak yang valid pada file).   

12. Dengan adanya pengumuman penundaan ujian Maret/April pada 13 Maret 2020, mengapa IBLCE mengumumkan pada akhir April bahwa ujian akan dilaksanakan pada akhir Mei sebelum adanya informasi lebih lanjut tentang ujian 2020?  

Program sertifikasi IBCLC adalah salah satu organisasi sertifikasi yang paling kompleks dalam hal ukurannya.  IBLCE memiliki lebih dari 32.500 pemegang sertifikat di 122 negara dan IBLCE memiliki Koordinator yang tersedia bagi Anda hanya di sekitar 50 negara/wilayah. 

IBLCE menawarkan ujian dalam 17 bahasa dan pada tahun 2019, ujian IBCLC diberikan ke sekitar 6.400 kandidat dalam 17 bahasa, di sekitar 70 negara di lebih dari 900 pusat ujian.  

Dengan kerumitan seperti itu dan sifat COVID-19 yang terus berubah, IBLCE harus mengambil beberapa langkah dan mempertimbangkan banyak faktor untuk menentukan jalur yang tepat ke depan.  

Akibat COVID-19, vendor ujian pihak ketiga IBLCE harus menempatkan ulang 400.000 kandidat dalam jangka waktu yang sangat singkat.  Vendor ujian tersebut memiliki sekitar 350 klien (beberapa klien memiliki beberapa program sertifikasi) selain IBLCE.  

Untuk dapat membagikan informasi dengan kandidat tentang pilihan mengenai jalur ke depan bagi mereka yang mengambil ujian pada 2020, IBLCE harus melewati beberapa langkah. 

Pemberi akreditasi pihak ketiga yang sudah lama bekerja dengan IBLCE menyetujui dan memberi pengecualian untuk Pengawasan Langsung Jarak Jauh (Live Remote Proctoring/LRP), yang sebelum merebaknya COVID-19 dianggap belum memenuhi standar akreditasi. 

IBLCR kemudian mengubah kontrak yang berlaku dengan vendor ujian seperti yang dilakukan banyak klien lain dari vendor ujian tersebut. 

IBLCE kemudian mengajukan pengecualian untuk menggunakan LRP kepada pemberi akreditasi pihak ketiga dan disetujui untuk pengecualian.  Banyak program sertifikasi yang juga mengajukan permohonan untuk hal ini.  

TJU Pusat Pengujian

1.    Bagaimana saya dapat menjadwalkan ujian di pusat pengujian?

IBLCE akan mengirimkan Email Otorisasi Ujian kepada Anda yang berisi informasi terperinci mengenai proses penjadwalan, termasuk tautan ke halaman web Prometric yang dapat Anda akses untuk menjadwalkan ujian secara daring.  Untuk beberapa kandidat, penjadwalan harus dilakukan melalui telepon, jadi harap baca Email Otorisasi Ujian Anda untuk mendapatkan instruksi spesifik. 

Sebelum menjadwalkan ujian Anda, baca Pemberitahuan Ujian COVID-19 IBLCE dan hubungi lokasi IBLCE Anda jika memiliki pertanyaan. 

Pastikan nomor kelayakan (diberikan dalam email otorisasi) Anda tersedia saat penjadwalan ujian.  Catatan Penting: kandidat dari pelaksanaan ujian di bulan Maret/April 2020 yang menerima penjadwalan ulang akan mendapatkan nomor kelayakan baru.

2.     Bisakah saya menghubungi Prometric melalui panggilan telepon untuk menjadwalkan ujian di pusat pengujian?

Akibat dampak COVID-19 terhadap banyak ujian terjadwal, Prometric saat ini sedang menjadwalkan ulang lebih dari 400.000 kandidat dalam jangka waktu yang singkat, sehingga Anda mungkin akan mengalami perpanjangan waktu tunggu layanan pelanggan jika Anda menghubungi kami melalui telepon.  Melakukan penjadwalan melalui portal daring adalah metode yang paling menghemat waktu; pertanyaan atau masalah yang berkaitan dengan proses ini dapat dikirimkan ke Prometric melalui formulir kontak di situs web mereka.  Untuk beberapa kandidat, penjadwalan harus dilakukan melalui telepon, jadi harap baca Email Otorisasi Ujian Anda untuk mendapatkan instruksi spesifik.

3.     Saya mengalami kesulitan dalam menjadwalkan ujian di pusat pengujian, karena tampaknya tidak ada pusat ujian yang buka di area saya. Apa yang harus saya lakukan selanjutnya?

Akibat COVID-19, kesibukan penyedia pengujian menjadwalkan ulang lebih dari 400.000 kandidat dalam jangka waktu singkat, serta tindakan pembatasan sosial yang berlaku, harap ketahui bahwa Anda awalnya mungkin akan mengalami kesulitan untuk menjadwalkan ujian Anda.  Harap ketahui bahwa penyedia pengujian membuka lokasi dan/atau waktu ujian secara teratur dan program sertifikasi IBCLC termasuk kategori esensial sehingga Anda akan dapat mengakses semua pusat pengujian yang buka.  Kami menganjurkan Anda terus mencoba untuk menjadwalkan ujian Anda secara teratur. 

4.     Tindakan apa yang diberlakukan di pusat pengujian terkait COVID-19/apa yang harus saya perhatikan saat saya datang ke pusat pengujian?

Prometric mengambil langkah-langkah yang diperlukan di pusat pengujian sebagai respons atas COVID-19. Langkah-langkah ini dilakukan berdasarkan rekomendasi dari Pusat Pengendalian Penyakit (AS) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan diperbarui sesuai peraturan dari yurisdiksi lokal yang berlaku. Berikut adalah rangkuman informasi ini dan kami menganjurkan Anda untuk lebih sering mengunjungi situs web Prometric untuk mendapatkan informasi terbaru, termasuk selama hari-hari menjelang pelaksanaan ujian Anda.

  • Kandidat diwajibkan mengenakan masker atau penutup wajah selama berada di pusat pengujian, serta mematuhi persyaratan lokal atau federal yang berlaku saat pengujian. 
  • Pembatasan sosial akan diberlakukan selama prosedur keamanan dan penentuan tempat duduk peserta ujian. 
  • Semua permukaan dan peralatan (misalnya meja, pena, dll.) telah dibersihkan secara teratur sebelum dan setelah setiap sesi ujian, dan kertas buram akan disediakan sebagai pengganti papan catatan. 

CATATAN PENTING: Kandidat yang memasuki pusat ujian akan dianggap setuju untuk mengenakan masker atau penutup wajah dan membuktikan pernyataan berikut sebagaimana yang tertulis pada label yang tertempel di pintu:

  • Kandidat tidak didiagnosis menderita COVID-19 dalam 14 hari terakhir; 
  • Kandidat tidak terpapar seseorang yang didiagnosis menderita COVID-19 dalam 14 hari terakhir*;
  • Kandidat tidak mengalami gejala yang mirip dengan gejala flu atau demam; 
  • Dan kandidat tidak melakukan perjalanan ke area dengan tingkat infeksi tinggi dalam 14 hari terakhir.**

*Kecuali tenaga medis dan tenaga layanan kesehatan yang mempraktikkan tindakan aman dan tindakan pencegahan menggunakan alat pelindung diri saat menangani pasien mereka.

** Pembatasan perjalanan/persyaratan karantina diberlakukan di area dengan tingkat infeksi tinggi, biasanya dapat diidentifikasi di tingkat lokal melalui perintah, arahan, atau panduan. Periksa persyaratan lokal mengenai pembatasan perjalanan di lokasi ujian pilihan Anda.

Perhatikan bahwa Prometric memperbarui pembuktian ini dan informasi di atas apabila diperlukan, sehingga Anda direkomendasikan untuk membaca situs web Prometric dan tindakan pembatasan sosial secara rutin menjelang hari ujian Anda.  Anda juga dapat melihat informasi yang telah diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia mengenai perjalanan internasional sehubungan dengan adanya COVID-19. 

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai proses ini dan/atau mengenai kesanggupan Anda untuk memenuhi persyaratan ini, silakan hubungi lokasi IBLCE Anda.

5.     Bisakah saya memilih mengikuti ujian melalui Live Remote Proctoring alih-alih datang ke pusat pengujian?

Jika Anda mengikuti ujian dalam bahasa Inggris dan komputer Anda memenuhi persyaratan Pemeriksaan Kesiapan Sistem, serta ruang kerja Anda memenuhi kriteria lingkungan, maka Anda dapat memilih LRP. Baca informasi IBLCE mengenai opsi ujian Anda di sini.

Informasi lebih lanjut mengenai pelaksanaan ujian IBCLC melalui Live Remote Proctoring dalam bahasa Inggris dapat ditemukan di sini.

6. Saya telah menerima persetujuan untuk menerima jeda menyusui selama ujian berlangsung. Apakah ini tetap merupakan sebuah opsi di pusat pengujian?

Ya, Anda tetap dapat mengikuti ujian di pusat pengujian dengan jeda untuk menyusui yang telah disetujui.  IBLCE bekerja sama dengan penyedia pengujian untuk menyediakan lokasi khusus bagi Anda untuk menyusui atau memompa ASI.  Lokasi khusus ini dapat berupa ruang tersendiri atau ruang pribadi non-permanen. Penyedia pengujian dan IBLCE akan bekerja sama dengan Anda untuk menemukan pusat pengujian terdekat dari rumah Anda yang dapat menyediakan akomodasi untuk menyusui. Baca email Otorisasi Ujian Anda untuk menemukan informasi lainnya.

7. Bagaimana jika saya telah menjadwalkan ujian di salah satu pusat pengujian tetapi pusat pengujian itu ditutup karena COVID-19? Apakah saya harus membayar biaya penjadwalan ulang?

Jika ujian Anda terpengaruh akibat penutupan lokasi atau pembatasan oleh pemerintah, Anda akan menerima pemberitahuan melalui email yang berisi informasi bahwa ujian Anda telah dibatalkan beserta instruksi mengenai cara melakukan penjadwalan ulang di masa mendatang. Anda tidak akan dikenai biaya penjadwalan ulang.

← Kembali ke COVID-19 Resource Center
← Informasi Back to Live Remote Proctoring (LRP)
← Kembali ke Informasi Pusat Tes